Cisco Enterprise Architecture

Cisco Enterprise Architecture

Arsitektur perusahaan Cisco membagi jaringan ke dalam komponen fungsional sementara tetap mempertahankan inti, distribusi, dan lapisan akses. Sebagai angka menunjukkan, modul Cisco arsitektur perusahaan utama meliputi:

    Kampus enterprise
    Enterprise Edge
    Layanan Penyedia Edge
    Remote




Kampus Enterprise
Kampus perusahaan terdiri dari infrastruktur seluruh kampus, termasuk akses, distribusi, dan lapisan inti. Modul lapisan akses berisi Layer 2 atau 3 lapisan switch untuk memberikan kepadatan diperlukan port. Pelaksanaan VLAN dan batang menghubungkan ke gedung distribusi lapisan terjadi di sini. Redundansi untuk distribusi bangunan switch penting. Distribusi lapisan modul agregat membangun akses menggunakan perangkat Layer 3. Routing, kontrol akses, dan QoS yang dilakukan di modul lapisan distribusi ini. Modul lapisan inti menyediakan berkecepatan tinggi interkoneksi antara distribusi lapisan modul, peternakan server pusat data dan tepi perusahaan. Redundansi, cepat konvergensi dan toleransi kesalahan adalah fokus dari desain dalam modul ini. Selain modul-modul ini, kampus perusahaan dapat mencakup submodul lainnya seperti:

1. Server peternakan dan Pusat Data modul.

Daerah ini menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi dan perlindungan untuk server. Sangat penting untuk memberikan keamanan, redundansi dan toleransi kesalahan. Sistem manajemen jaringan memantau kinerja perangkat pemantauan dan ketersediaan jaringan.

2. Modul Layanan
daerah ini menyediakan akses ke semua layanan, seperti layanan IP Telephony, Layanan nirkabel controller dan layanan terpadu.

3. Enterprise Edge
Tepi perusahaan terdiri dari Internet, VPN, dan modul WAN menghubungkan perusahaan dengan penyedia layanan jaringan. Modul ini meluas pelayanan perusahaan kepada remote site dan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan sumber daya Internet dan mitra. Hotel ini menyediakan QoS, Penguatan kebijakan, tingkat pelayanan, dan keamanan.

4. Layanan Penyedia Edge.
Tepi penyedia layanan menyediakan Internet, Umum Switched Telephone Network (PSTN) dan layanan WAN.

Semua data yang masuk atau keluar melewati Enterprise komposit Jaringan Model (ECNM) melalui perangkat tepi. Ini adalah titik bahwa semua paket dapat memeriksa dan keputusan apakah paket harus diperbolehkan pada jaringan perusahaan. Sistem deteksi intrusi (IDS) dan sistem pencegahan intrusi (IPS) juga dapat dikonfigurasi di tepi perusahaan untuk melindungi terhadap kegiatan berbahaya

http://blog.umy.ac.id/hendrick/2015/03/02/ch-1-hierarchical-network-design-cisco-enterprise-architecture/

Tidak ada komentar: