CARA MERAKIT KOMPUTER



      Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara merakit sebuah komputer, Sebelum memulai merakit komputer, ada beberapa hal yang perlu disiapakan, yaitu:

1) Persiapan alat & bahan

* Obeng plus & min (+ & -)


* Baut





 * Komponen PC
kabel data
kabel data






2) Langkah kerja

* Langkah pertama adalah memasang Prosesor pada slotnya, Kemudian pasang haetsing (pendingin prosesor). dalam pemasangan prosesor anda harus berhati-hati karena jika salah satu pin bengkok maka prosesor akan rusak. .












*Langkah kedua pasang RAM pada slot nya. Pada ram terdapat patahan -patahan begitu juga pada slot nya, jadi pastikan bahwa ram di pasang dengan benar mengikuti pahatan tadi.














 *Langkah ketiga, pasang Power Supply di casing, usahakan casing di tidurkan / di miringkan supaya mudah dalam melakukan pemasangan, kemudian baud power supply tersebut.













*Langkah keempat, pasang Motherboard di casing, usahakan dibawah motherboard di pasang alas seperti kertas tebal / busa supaya tidak terjadi konslet, kemudian baud motherboard tersebut.





















*Langkah kelima, pasang Harddisk & DVD/CD rom di casing, jangan lupa pasang kabel data & kabel power yang ada di belakang power supply,  kemudian baud.





















*Langkah keenam, pasang Power Led/swicth, reset, speaker, hdd led di motherboard, & untuk lebih jelas susunannya  lihat gambar di bawah ini.



*Langkah ketujuh, tutup casing kemudian baud.


















*langkah kedelapan, pasang konektor keyboard, mouse, & VGA (monitor), ke port PS/2 & portVGA yang ada di luar belakang casing. Awas jangan terbalik antara mouse & keyboard, kalau mouse portnya berwarnaa hijau sedangkan keyboard ungu.



*Langkah kesembilan hubungkan kabel power ke power supply dan ke stop contact/sumberdaya, usahakan menggunakan ups / sejenisnya supaya lebih aman dalam pengoperasian komputer.


Gimana gampangkan ????
kalau ada masalah saat menyalakan komputer klik di sini

Tidak ada komentar: